Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-8 digelar dengan tuan rumahnya Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Tujuh perguruan tinggi seni se-Indonesia akan mengikuti ajang yang berlangsung sejak dua hari lalu hingga 29 September 2014.

Meski rangkaian acara sudah dimulai 24 September 2014, namun malam nanti, Jumat (26/9/2014) dibuka secara resmi oleh Wamendikbud bidang Seni Budaya Prof. Wiendu Nuryanti. Semua diselenggarakan di Kampus ISI Yogyakarta jl. Parangtritis Km 6,5 Yogyakarta.

FKI merupakan ajang tahunan pesta karya seni sekaligus wujud tanggung jawab institusi pendidikan mengenai apa yang telah diajarkan pada mahasiswa. Tahun ini tema yang diusung adalah spirit of the future: art for humanizing civilization

“Kita bermaksud mengajak segenap civitas akademika perguuan tinggi seni se indonesia untuk meluhurkan perdaban manusia melalui seni,” kata Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. Hermien Kusmayati melalui surat elektronik.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara terdiri dari pameran seni media rekam, seni rupa, pergelaran seni pertunjukan, seminar dan workshop nasional. Juga ada forum guru besar yang akan membahas isu-isu terkini dalam dunia seni.

Pembukaan resmi ditandai pawai seluruh kontingen yang akan menampilkan ciri khas masing-masing daerah. Pawai dimulai dari piramid hingga boulevard Kampus ISI Yogyakarta.

Disusul barisan Bregodo prajurit Kraton Yogyakarta dan Pakualam mewakili simbol budaya yogyakarta sebagai tuan rumah. Semua bentuk pameran terbuka bagi masyarakat, terutama masyarakat dapat menikmati panggung pertunjukan setiap malam selama acara berlansung. (mtrtv//ib/gr)

Foto: Pameran Seni Rupa dalam rangka Festival Kesenian Indonesia ke-8 (ISI)

 

TINGGALKAN KOMENTAR