Foto: Logo Revolusi Biru. (ist)
loading...

INDONESIA negeri bahari yang kaya akan sumber daya alam hayati, namun masih kurang anak bangsa menyadari hal ini. Banyak cara untuk mewujudkan cinta pada tanah air. Salah satunya membuat karya film sebagai media menuangkan segala ide dan gagasan yang cerdas untuk sebuah visi dan misi.

Foto: Logo Revolusi Biru. (ist)
Foto: Logo Revolusi Biru. (ist)

Ikatan Alumni Universitas Brawijaya, dalam rangka Reuni Akbar IKA UB 2016, menyelenggarakan even Festival Film Pendek bertema Revolusi Biru.  Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi insan kreatif yang ingin mengasah kreatifitas dalam pembuatan film pendek.

Film dapat bercerita tentang kecintaan pada bahari, mengelola kekayaan sumber daya alam hayati, yang bisa juga dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Baik yang menyangkut perbaikan gizi, menjaga lingkungan, maupun erat hubungannya dengan masalah sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan. Intinya film akan bisa membuat kita bangga menjadi bangsa bahari. Durasi film maksimal 4-5 menit, sudah termasuk credit title, dengan genre Fiksi Drama/Komedi.

Registrasi online dimulai pada tanggal 7 Juni – 27 September 2016. Semua syarat dan ketentuan bisa dilihat di website resmi IKA UB www.ikaub.net.

Menurut Ketua Panitia, Noor Sidharta, “Festival Film Pendek IKA UB 2016 ini adalah salah satu rangkaian acara Reuni IKA UB 2016 yang nantinya akan dilaksanakan secara regulair setiap tahunnya. Ini merupakan salah satu gerakan cinta bahari melalui film. Siapa saja bisa ikut, raih hadiahnya berupa vandel, bingkisan, dan uang senilai total 45 juta. Alhamdulillah sudah banyak respon positif dari para pelajar, komunitas film, maupun masyarakat. Semoga even ini bisa berkah amanah.” Demikian informasi yang didapat redaksi saat bertemu di Balai Kota DKI, usai panitia pemaparan kepada Presidium IKA UB, Djarot Syaiful Hidayat.

Reuni IKA UB 2016 ingin memberi, bersinergi dengan masyarakat. Selain festival film, ada acara Go Blue, yaitu gerakan membirukan bumi kita dengan cara mengajak kita untuk menjaga dan melestarikan lautan. IKA UB mewujudnyatakan melalui Penanaman Pohon Bakau untuk mencegah abrasi pantai dan melestarikan biota laut. Kegiatan ini akan dilakukan serentak di 2 lokasi yaitu di Kawasan Mangrove di Jakarta (Pulau Seribu) dan Malang (Sendang Biru).

Acara ini dapat diikuti oleh peserta reuni akbar IKA UB 2016 untuk lokasi Kawasan Mangrove di Jakarta (Pulau Seribu) dengan batas peserta 100 orang dan acara akan diselenggarakan serentak pada tanggal 15 Oktober 2016. Setelah itu ada acara Brawijaya Mengabdi, merupakan kegiatan yang ditujukan untuk peduli terhadap masyarakat serta memberikan pengetahuan tentang Potensi Perikanan dan Kelautan Indonesia, adapun kegiatannya yaitu : Demo Tehnik Pengolahan Ikan, Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN), Bazar Ikan dan Produk Olahan Ikan. Acara ini akan diselenggarakan pada Tanggal 22 Oktober Pukul 08.00 – 15.00 WIB di Taman Lumba – Lumba Ancol.

Sedang acara Reuni Puncak akan diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2016 di Ecovention Ancol untuk menjalin tali silaturahim para alumni Brawijaya dengan menampilkan 6 film pemenang festival dan hiburan beberapa artis papan atas. Semoga semua sesuai harapan. (key/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR