Foto: Danau Sentarum. (ist)

KAPUAS HULU- di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang digelar Jumat (27/10) hingga Sabtu (28/10) meriah.

Betapa tidak, ratusan warung warga yang berjejer mengelilingi pusat pelaksanaan Festival di border area itu tak pernah sepi. Dari mulai pedagang makanan, pakaian hingga pernak-pernik kerajinan tangan, semua ikut kebagian rezeki.

“Memang ini yang kita inginkan. Dampaknya tidak hanya ke pariwisata saja, tetapi masyarakat juga bisa merasakan dampak positifnya,” kata Bupati Kapuas Hulu, Abang M Nasir, Minggu (29/10).

Bupati Abang mengakui hal itu. Sepanjang akhir pekan kemarin, Kapuas Hulu benar-benar full crowd. Sangat ramai. Destinasinya langsung dikepung oleh lautan wisatawan.

Indonesia, Malaysia, semua berbaur jadi satu. Dan jumlahnya pun tidak sedikit. Saat malam penutupan acara, 28 Oktober 2017, pengunjung yang hadir jumlahnya menembus 10 ribu orang.
Total, ada lebih dari 15 ribu orang yang hadir selama even berlangsung.

“Dari kuesioner yang diolah tim Analisis Data Pasar Kemenpar memang seperti itu. Selama 24-28 Oktober pengunjungnya menembus 15 ribu orang. Kalau masing-masing orang membelanjakan Rp 200 ribu saja, sudah Rp 3 miliar uang yang beredar di Kapuas Hulu. Commercial dan social valuenya sukses. Masyarakat Kapuas Hulu ikut panen raya,” katanya.

Pariwisata di Kapuas Hulu cukup menjanjikan. Daerahnya punya nature baik. Punya Danau Sentarum dan Taman Nasional Betung Kerihun. Danau yang terbentuk pada zaman es ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa dan tak dimiliki daerah lain.

Tumbuhannya saja ada 510 spesies. Dan 33 spesies di antaranya endemik TNDS, termasuk 10 spesies di antaranya merupakan spesies baru.

Hewan mamalia di TNDS ada 141 spesies. Sekitar 29 spesies di antaranya spesies endemik dan 64 persen hewan mamalia itu endemik Borneo. Terdapat 266 spesies ikan, sekitar 78 persen di antaranya merupakan ikan endemik air tawar Borneo.

Ada yang membuat Nugie bangga, Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum adalah salah satu habitat ikan air tawar terlengkap di dunia. (***/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR