talempong

KESENIAN talempong uwaiak-uwaiak dan tari tupai janjang serta kesenian spesifik dan khas Agam lainnya akan tampil dalam ‘Festival Danau Maninjau’ yang akan digelar pada 31 Mei sampai 6 Juni 2015 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Junaidi mengatakan, Festival Danau Maninjau tahun ini akan menampilkan seni khas dari Kabupaten Agam

“Kesenian talempong uwaiak-uwaiak, tari tupai janjang, tari indang tagak di Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, tarian alang suntiang pangulu di Kecamatan Sungai Pua dan melibatkan anak nagari akan tampil di Festival Danau Maninjau,” kata Junaidi, Senin (13/4/2015).

Selain itu juga, akan digelar seni pertunjukan tambua tansa, paralayang dan berbagai masakan kuliner yang ada di wilayah Kabupaten Agam seperti, gulai itiak lado hijau di Koto Gadang, nasi kapau, gulai kepala ikan pangarayakan Rang Tiku, kolak labu Rang Matua dan limpiang Rang Kamang.

“Ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, nasional dan mancanegara,” katanya.

Menurutnya, ini akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang pernah atau ingin mencicipinya, karena ivent ini bisa mengugah para wisatawan. Untuk itu, pihaknya mengharapkan kepada pemilik pengelola otel dan rumah makan agar dapat menampilkan kuliner itu. sehingga mampu menarik para wisatawan selain melihat keindahan alam wilayah Kabupaten Agam. (ss/gr)

Teks gbr: Ilustrasi keseian talempong (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR