[dropcap color=”#888″ type=”square”]s[/dropcap]ebelas negara se-Asia Pasifik ikut terlibat memeriahkan Festival Budaya Asia Pasifik 2014 yang digelar pemerintah Kabupaten Purwakarta, Sabtu (30/8/2014) malam.
Event ini merupakan puncak acara hari jadi Kabupaten Purwakarta ke-46 dan Purwakarta ke-183. Pelaksanaan festival ini merupakan komitmen pembangunan seni budaya di Kabupaten Purwakarta.

Festival ini merupakan yang keempat kalinya. Kesebelas negara yang ikut di antaranya Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, Myanmar dan Indonesia.

Selain peserta dari negara asia pasifik, karnaval juga dimeriahkan seni budaya dari 10 provinsi di Indonesia dan 10 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Acara dipusatkan di sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Pasar Jumaah, menuju Gedung Kembar Jl. KK. Singawinata, Purwakarta. Empat kereta kencana milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta nampak diarak dalam karnaval. Tak lupa, puluhan pasukan berkuda dan gerobak sapi.

Jutaan warga yang menyaksikan festival ini, praktis menyempurnakan lautan manusia di sepanjang jalan yang dilalui peserta festival. Tak ayal, pagar pembatas dan aparat keamanan tak bisa berbuat banyak saking membludaknya pengunjung. (gardo)

TINGGALKAN KOMENTAR