BALAI Pengelolaan Cagar Budaya Nilai Budaya dan Sejarah (BPCBNBS) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat resmi menggelar Expedisi Situs/Cagar Budaya “West Java Heritage Expedition 2015” dari tanggal 5-7 Oktober 2015 ke wilayah Majalengka-Kuningan-Cirebon-Indramayu.

Peserta Ikuti 'West Java Heritage Expedition 2015
Peserta Ikuti ‘West Java Heritage Expedition 2015 (ist)

Acara dilepas di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monpera), Jl. Dipatiukur, Kota Bandung, oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Drs. Nunung Sobari MM, Senin (5/10/2015).

Kawasan expedisi yang akan dikunjungi yaitu ke Museum Talagamanggung Majalengka, Museum Cipari, Museum Linggar Jati, Desa Wisata Cibuntu, Mesjid Sang Ciptarasa, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Kawasan Karangsong, Makam Wiralodra, Jati Tujuh, Kertajati, Subang.

Expedisi ini diikuti oleh sekitar 100 peserta dari kalangan media, komunitas, akademisi, pakar pariwisata, arkeolog, arsitek dll.

Digelarnya kegiatan expedisi sendiri, dilatarbelakangi dengan perkembangan budaya global yang bersifat hedonis-materialistis sangat besar dan cepat menyebar pengaruhnya kepada generasi muda saat ini.

Nilai-nilai budaya serta tradisi lokal dari berbagai aspek kehidupan saat ini mulai luntur dan nyaris terkikis. Ini berdampak pada melemahnya dan hilangnya nilai luhur pada tatanan nilai budaya. Serta semakin terpinggirkannya nilai budaya serta nilai-nilai kearifan dan tradisi lokal. (gr)

 

TINGGALKAN KOMENTAR