Foto: Anjungan Sumut TMII siap gelar 'Rumah Sepanggung' (ist)

JAKARTA – Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menampilkan ‘Even Latar 5: Rumah Sepanggung’ yang akan digelar di Plaza Anjungan Sumut TMI, Jakarta Timur, Sabtu (12/5/2018).

Acara dimulai pukul 19.30 dengan menampilkan diantaranya, Komunitas Ronggeng Deli, kelompok Musik Dol dari Bengkulu, perupa Cak Breng (Surabaya), Teater Bumi Kalamtara, Sanggar Seni Matra Etnika, mBak Iwoel Nyai Demang Banget, dan lain lain.

“Bagi tamu akan dimanjakan dengan lesehan, dengan hangat kopi dan aneka bunyi, rupa, gerak, dan puisi,” kata Kepala Anjungan Sumut, TMII, Tatan Daniel, Sabtu (12/5/2018).

Tatan menegaskan, bahwa tidak hanya politik, kesenian juga harus ‘berideologi’. Tentu yang dilancarkan dengan spirit ‘gerakan’, supaya duit tak menurunkan marwah seniman menjadi tukang, atau sekedar sebagai ‘petinju bayaran’.

“Nanti malam, ritus berkesenian yang hangat dan murni itu, akan dihadirkan oleh teman-teman dari Rumah Sepanggung, dengan dukungan Anjungan Sumut TMII, menggelar even Latar 5. Lebih sepuluh kelompok seni terpilih akan unjuk kebolehan mempersembahkan citarasa seni yang tidak biasa,” beber Tatan.

Para sosok yang tampil diantaranya, The Big Malay yang mengusung repertoar “Zapin Tanda-tanda”, karya Rizaldi Siagian, yang lebih duapuluh tahun lalu, termaktub dalam album fenomenal “Grenek”. (a2k/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR