DISAAT pro dan kontra revisi UU Pilkada, para elit politik memamerkan koleksi kerisnya di DPR, yang total ada sekitar 100-an bilah keris. Pemilik keris itu adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Mendagri Tahjo Kumolomolo, anggota DPR seperti Mayjen TNI (purn) Salim Menga, Lukman Edy, Lutfy A Mutty. Pameran dibuka Ketua DPR Setya Novanto.

“Kita punya budaya unik dan unggul, yakni keris. Pameran seperti ini penting, sebab sekarang sudah diakui Unesco sebagai warisan dunia, kita punya tanggung jawab besar untuk kelestarian dan perkembangan keris,” kata Fadli Zon, di DPR, Rabu (20/5/2015).

Pameran di hari Kebangkitan Nasional ini, menurut Fadli, untuk menggugah kepada masyarakat untuk mengerti tentang keris, terlebih sudah jadi warisan dunia. Ia mengingatkan, di masa lampau, para pejuang kita, yang juga tokoh agama punya keris.

“Kita ingat Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, yang sangat Islami ternyata punya keris. Bahkan Kartosuwiryo yang mau mendirikan NII juga punya membawa keris,” kata Fadli yang memiliki koleksi sebanyak 1200 keris itu.

Fadli Zon sendiri punya keris yang selalu di mobil, yakni keris Junjung Derajat asal Sumatera. Menurutnya, keris itu sudah dua thaun selalu ada di mobilnya. “Ya, pokoknya menarik, makanya saya taruh di mobil terus biar bersama saya terus,” katanya. (gr)

Ilustrasi foto: Dalam rangka memperingati Kebangkitan Nasional Ketua DPR RI,Setya Novanto membuka pameran Budaya Pusaka Keris di Gedung Nusantara /KK DPR Senayan Jakarta, dalam pameran tersebut dengan tema “Keris Nusantara Sebagai Simbol Kebangkitan Bangsa” (yt)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR