Ilustrasi Foto Pantai Pulau Takabonerate (ist)

KEMENTERIAN Pariwisata (Kemenpar) menggelar acara ‘Launching Event Pariwisata Sulawesi Selatan’ di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta. Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan kepariwisataan daerah, khususnya di Sulawesi, yang akan menyelenggarakan tiga event yaitu “Lovely Toraja”, “Celebes Travel Mart”, dan “Takabonerate Island Expedition”. Launching dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dengan pemukulan gong sebany tig kali.

Ilustrasi Foto Pantai Pulau Takabonerate (ist)
Ilustrasi Foto Pantai Pulau Takabonerate (ist)

“Penyelenggaraan event merupakan salah satu alternatif meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Selain itu, adanya event ini juga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat karena pembelanjaan wisatawan langsung ke masyarakat,” ujar Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (15/10).

Lovely Toraja merupakan event budaya yang dilaksanakan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada 9 November 2015. Mengambil tema “Toraja Goes to the World Cultural Heritage”, event ini terdiri dari berbagai perlombaan seperti sepeda Jelajah Toraja Utara, Lari Wisata Masal, Penulisan Wisata Toraja “Blog Website”, Pameran dan Festival Kuliner khas Toraja, Atraksi Permainan Rakyat dan Seni Budaya Daerah, Festival Lagu Daerah, serta Upacara Adat “Rambu Solo”.

Toraja yang eksotik telah mengundang wisatawan untuk berkunjung. Perkembangan wisatawan ke Toraja Utara meningkat dari 2013-2014, wisatawan mancanegara pada tahun 2013 sebanyak 35.956 orang dan 2014 meningkat menjadi 41.058 orang (kenaikan 14, 19%). Sementara itu, kunjungan wisatawan domestik pada tahun 2013 sebanyak 70.128 perjalanan dan tahun 2014 meningkat menjadi 71.522 (mengalami peningkatan sebesar 2 %).

Tempat wisata seperti Pemakaman Rambu Solo dan Upacara Mayat Berjalan Ma-Nene menjadi salah satu daya tarik unggulan bagi para wisatawan di Toraja. Selain itu sebagai salah satu tempat konservasi peradaban budaya Proto Melayu Austronesia. Sehingga sejak 2009 Pemerintah mengajukan ke UNESCO bahwa kawasan wisata Sulawesi Selatan ini sebagai situs warisan dunia.

Acara ‘Celebes Travel Mart (CTM) 2015’ yang diselenggarakan di Makassar pada 17-20 November 2015, juga merupakan salah satu rangkaian “Event Pariwisata Sulawesi Selatan”. CTM 2015 bertujuan mempertemukan sellers dan buyers domestik dan luar negeri untuk mempromosikan produk yang dimiliki dan obyek wisata unggulan. Melalui acara CTM 2015 ditargetkan dapat menarik 60 buyers (40 domestik dan 20 asing) dan menghasilkan transaksi sebesar Rp. 25 Milyar. Pelaku industri tour and travel, perwakilan pemerintah, dan perhotelan akan menghadiri event yang telah dilaksanakan untuk kali kedua ini.

Sebagai kawasan yang terkenal dengan pelaut-pelaut tangguhnya, tentu event bahari tidak lepas dari rangkaian acara. Sebagai event tahunan, Takabonarate Island Expedition ke-7 merupakan perjalanan wisata bahari menjelajahi keindahan Kepulauan Selayar. Acara yang diselenggarakan pada 29 November 2015 dapat diikuti baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

“Diharapkan rangkaian “Event Pariwisata Sulawesi Selatan” dapat menjadi event tahunan yang berkelanjutan dan budaya Sulawesi Selatan dapat dipromosikan secara maksimal,” tutup Menpar. (Nenny Sembiring)

TINGGALKAN KOMENTAR