DEMAM batu akik semakin menggila. Apa lagi sejak ditemuankan sebyah lahan tambang batu akik jenis mani gajah seluas dua hektare di perbukitan Gunung Tugel, Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Sragen, membuat geger warga sekitarnya.

Akibatnya, setiap hari, ratusan warga meramaikan perburuan batu mani gajah yang diyakini memiliki kasiat tertentu itu.

batu mani gajah

“Warga ramai-ramai menggali tanah dalam sepekan terakhir. Setiap hari, saya selalu mengawasi warga. Batu mani gajah itu ditemukan dengan kedalaman rata-rata dua meter,” kata Kepala Desa Bonagung, Suwarno, kepada Solopos.com, Senin (3/8/2015).

Suwarno menjelaskan sebenarnya batu mani gajah itu sudah ditemukan warga 10 tahun lalu. Saat itu, batu mani gajah itu diserahkan kepada Museum Purbakala Sangiran. Kala itu, batu manigajah hanya dihargai Rp3.500/kg. Saat fenomena batu akik ramai diperbincangkan, Suwarno meminta warga untuk menggali kembali lahan di perbukitan Gunung Tugel. Tidak disangka, di lahan perbukitan itu ditemukan banyak batu mani gajah.

“Kalau dilihat sepintas, batu itu seperti batu biasa. Tapi kalau dibelah, di tengahnya ada bening kristal,” ujarnya.

Akibatnya, lahan seluas dua hektare milik Cokro Suwarno itu menjadi sasaran warga sekitar yang ingin berburu batu mani gajah.

“Hanya warga sekitar yang diperbolehkan berburu batu itu. Kami tidak memberi izin warga luar Bonagung untuk berburu batu. Untuk mengantisipasi potensi pencurian, lahan itu dijaga karangtaruna selama 24 jam. Ada beberapa warga luar yang ingin ikut berburu batu, tetapi tidak kami izinkan,” jelas Suwarno.

Harga batu akik mani gajah sangat mahal mencapai jutaan rupiah. Tidak hanya karena keunikan dan keindahan penampilan batunya saja. Tapi batu mani gajah dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi pemakainya. Batu akik ini berasal dari fosil yang usianya mencapai ribuan tahun lamanya. Ada anggapan kalau batu akik ini terbentuk dari sperma gajah yang membeku dan menjadi batu. Ada juga yang percaya kalau batu akik ini merupakan fosil dari sumsum hewan purba. (gr)

Foto  ilustrasi  fosil batu akik mani gajah (ist)

 

TINGGALKAN KOMENTAR