Foto: Gunung Dieng Meletus. (ist)

DIENG – Tempat pariwisata Gunung Dieng, Jawa Tengah meletus. Letusan freatik itu dikabarkan telag menelan korab 10 orang mengalami luka. Para korban dibawa ke Puskesmas, Batur, Banjarnegara.

Letusan terjadu di Kawah Sileri yang berada kawasan wisata pegunungan Dieng, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah meletus sekitar pukul 12.00 WIB, Minggu (2/7/2017).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, 17 wisatawan mengalami luka-luka. Atas kejadian tersebut, lokasi wisata juga telah ditutup untuk umum.

“Pengunjung maupun warga diminta untuk meninggalkan lokasi dan untuk area kawah sudah dikosongkan. Kejadian tersebut berpotensi akan menimbulkan letupan susulan,” tulis Sutopo melalui keterangan tertulisnya.

Baca: Kawah Sileri Dieng Semburkan Lumpur 200 Meter, 10 Orang Luka-luka

Sutopo menjelaskan, letusan tersebut disertai lahar dingin, lumpur dan asap mencapai 50 meter. Letusan mengenai sejumlah wisatawan yang berada di sekitar Kawah Sileri.

“Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Banjarnegara, saat terjadi letusan terdapat 17 orang pengunjung atau wisatawan,” kata Sutopo. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR