Foto: Pantai Panjang Bengkulu (ddyoyong)

PROVINSI Bengkulu yang terletak dibibir Samudera Hindia mendeklarasikan diri menjadi wilayah yang mengusung program utama sektor kemaritiman.

Foto: Pantai Panjang Bengkulu (ddyoyong)
Foto: Pantai Panjang Bengkulu (ddyoyong)

Dibawah kepemimpinan gubernur Ridwan Mukti yang memang mengkonsentrasikan diri untuk memfokuskan diri membangun sektor maritim, akan menggelar pekan maritim tanggal 7 hingga 13 Maret 2016.

Kepala bidang informasi dinas perhubungan komunikasi dan informatika Provinsi Bengkulu Sri Hartika Tholib mengatakan, kegiatan utama dalam pekan maritim ini adalah pemecahan rekor MURI peluncuran rumpon merambah ikan selebar 14 meter yang akan ditanam di kawasan Pulau Tikus.

“Sebanyak 5.000 nelayan akan menggotong rumpon ini ke tengah Samudera Hindia,” ujar Sri di Bengkulu (6/4/2016).

Kegiatan lain yang juga akan digelar adalah pelepasliaran anak Lobster dan anak penyu (tukik), penanaman mangrove serta peletakan bio reeftec atau tempurung yang dibenamkan di dasar laut sebagai upaya memancing pertumbuhan terumbu karang.

Untuk para nelayan juga akan dilakukan pelatihan pembuatan kapal tradisional berbahan fiber glass dan seminar nasional bidang kemaritiman.
“Kita juga akan menggelar expo khusus bidang maritim selama sepekan penuh, ini dilakukan untuk mempertegas rencana Bengkulu sebagai poros maritim,” pungkas Sri Hartika Tholib. (ddyoyong/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR