[dropcap color=”#888″ type=”square”]P[/dropcap]emkab Banyuwangi akan menggelar Banyuwani Batik Festival 2014 (BBF) pada 18-20 September mendatang. para perancang busana dan pengusaha batik akan melakukan kolaborasi.Mereka akan menampilkan corak batik serta desain fashion yang mempesona, yang dikemas dalam peragaan busana. Banyuwangi Batik Festival 2014 sebagai apresiasi terhadap para perancang busana dan pengusaha batik yang telah ikut berperan aktif dalam upaya memeriahkan Banyuwangi Festival 2014.

Tema yang diusung adalah eksplorasi motif “Gajah Oling”, sedangkan tahun ini BBF akan mengangkat motif “Kangkung Setingkes”. Motif “Kangkung Setingkes” ini adalah satu dari 44 motif batik Banyuwangi yang paling mudah ditemui setelah motif batik “Gajah Oling”.

“Pemkab Banyuwangi ingin masyarakat Banyuwangi menjadi bagian dalam mempromosikan batik sekaligus menumbuhkan kecintaan pada batik daerah,” ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (6/9/2014).
“Kami juga ingin mengangkat kualitas busana batik Banyuwangi menuju level yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BBF 2014 dirangkai dengan 5 event sekaligus.

Ajang ini dimulai dengan lomba desain motif batik, lomba desain busana batik yang diikuti oleh 28 desainer Banyuwangi. ‪Selanjutnya digelar lomba mencanting atau membatik pada 20 September dan dilanjutkan dengan lomba modelling.

Dalam BBF kali ini melibatkan desainer batik ternama Indonesia, Priscila Saputro, yang pernah mendesain busana Miss Universe 2012 Olivia Culpo, Miss Universe 2013 Gabriela Isler. Priscila akan menjadi guru dalam workshop singkat untuk desainer muda Banyuwangi.

”Priscila kami libatkan untuk memotivasi desainer-desainer muda daerah,” ujar Anas. (gardo)

Foto: Ilustrasi

TINGGALKAN KOMENTAR