Foto ilustrasi: Pameran Tungggal Arfial Arsad Hakim. (ist)

PELUKIS Pakan menggelar pameran tunggal ‘Lanskap Dalam Pengembaraan’ yang akan digelar di Galeri Nasional Indonesia (GNI) 30 Maret – 11 April 2016, Pukul 10.00-18.00 WIB.

Foto ilustrasi: Pameran Tungggal Arfial Arsad Hakim. (ist)
Foto ilustrasi: Pameran Tungggal Arfial Arsad Hakim. (ist)

Pembukaan pameran dilaksanakan pada Rabu, (30/3/2016) Pukul 16.00 WIB Gedung B Galeri Nasional Indonesia. ” Arfial Arsad Hakim & Eddy Soetriyono (Kurator) akan menjelaskan secara eksklusif dan memandu media untuk gallery tour di ruang pamer sekaligus memberi kesempatan bagi media untuk tanya jawab dan melakukan peliputan,” kata Staf Pameran dan Kemitraan GNI, Desy, Selasa (29/3/2016).

Dalam kesempatan ini, Arfial Arsad Hakim & Eddy Soetriyono (Kurator) akan menjelaskan secara eksklusif dan memandu media untuk gallery tour di ruang pamer sekaligus memberi kesempatan bagi media untuk tanya jawab dan melakukan peliputan.

Pameran ini, lanjut Desy, menyajikan visualisasi karya bergaya ‘naturalistik’ berupa sketsa, drawing, & lukis untuk menapaki jejak persinggahan Arfial Arsad Hakim di berbagai kota: Medan kota kelahirannya, Palembang, Bandung, dan Solo, dengan perbedaan karakter alam dan budayanya yang menorehkan warna tersendiri pada kisah pengembaraannya sebagai perupa.

Arfial Arsad Hakim lahir di Medan 11 Juli 1950 dan tumbuh hingga remaja di Danau Ranu, Banding Agung, Sumatera Selatan. Ia belajar melukis pada Sekar Gunung ( Ki Heru Wiryono ) kemudian tahun 1972 – 1978 melanjutkan pendididikan tinggi ke FSRD ITB jurusan Seni Lukis. Sejak mahasiswa Arifal telah mengikuti lebih dari 100 an pameran baik nasional maupun internasional. Pada tahun 1980, Arifal mulai mengajar di Fakultas SASDAYA UNS Solo dan tinggal di sana. ( Katalog Pameran Caturgraha, Balai Soedjatmoko, Solo, 2012 ). (gni/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR