Foto: Kawasan cagar budaya Kotagede. (ist)

Jalur Budaya Jeron Benteng Menuju Kotagede, Jalur budaya dari Jalan Parangtritis karena di kawasan tersebut selama ini ramai wisatawan mancanegara

JOGJA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Jogja akan membuat jalur budaya Jeron Benteng menuju Kotagede. Rencana tersebut didahului dengan merombak trotoar sepanjang Jalan Parangtritis dari Simpang Pojok Benteng (Jokteng) Wetan sampai Jalan Menukan.

“Nantinya dari Kraton kalau ke Kotagede tidak perlu lewat Tungkak,” kata Kepala Disparbud Kota Jogja, Eko Suryo Maharso di Balai Kota Jogja, Selasa (27/9/2016).

Jalur budaya tersebut melintasi Jalan Parangtritis, Jalan Menukan, Jalan Sisinga Maharaja, Jalan Tritunggal, Jalan Tegalturi, Jalan Imogiri Timur, Jalan Tegalgendu sampai Mondorakan.

“Tahap pertama kita buat DEDnya untuk Jalan Paris dengan anggaran Danais Rp300 juta,” kata Eko.

Menurutnya, diawalinya jalur budaya dari Jalan Parangtritis karena di kawasan tersebut selama ini ramai wisatawan mancanegara sehingga harapannya akan memudahkan wisatawan yang akan menuju kawasan budaya Kotagede.

Selain mengubah trotoar Jalan Parangtritis, di sepanjang kawasan tersebut juga akan dibangun beberapa bangunan yang bisa dijadikan galery, pameran lukisan, dan lainnya yang bisa menjadi penanda jalur budaya. Karena itu, kata Eko, pihaknya juga perlu membeli banyak lahan warga. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR