Ribuan warga tumpah   di  Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) dan Taman Sari Pangkalpinang, Selasa (16/9/2014) sore. Masyarakat tersebut tak lain  untuk menghadiri acara nganggung bersama 2.570 dulang dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pangkalpinang ke 257.

Hadir dalam acara nganggung tersebut, Gubernur Babel, Rustam Effendi, Wakil Gubernur Babel, Hidayat Arsani, Walikota se Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), dan unsur Muspida. Turut memeriahkan acara nganggung, perwakilan paguyuban NTT, Riau, Minang, Maluku, Sulsel, Aceh, Batak Islam, dan Sunda.

Kemeriahan acara nganggung tersebut terlihat sejak pukul 14.00 WIB, warga sudah memadati lokasi nganggung. Mereka mengelilingi dulang sebanyak 2570 dijejerkan di jalan Merdeka. Sebelum di instruksikan oleh panitia, masyarakat sudah lebih dahulu menyerbu dulang yang berisikan ketupat beserta lauk pauk dan kue-kue tersebut. Tak sampai 15 menit, isi dulang terlihat ludes.

Seperti yang ditulis Rakyatpos.com, Walikota Pangkalpinang Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah, dalam sambutannya mengatakan tradisi nganggung sudah berlangsung lama dan sudah menjadi tradisi sejak awal pembentukan kota Pangkalpinang. Menurut dia, dulunya tradisi nganggung menjadi budaya masyarakat kampung yang bermakna mengangkat yang agung. Nganggung sebagai bentuk gotong royong dengan membawa dulang yang berisi makanan lengkap dengan lauk-pauknya.

“Kegiatan nganggung ini dapat melestarikan budaya melayu dan merupakan rangkaian rasa syukur setelah 257 tahun kota berdiri dan di canangkan Bung Karno sebagai Kota Kemenangan. Nganggung bersama 1000 anak yatim, diharapkan menjadi suatu keberkahan dan mendoakan Indonesia menjadi hebat dan Pangkalpinang menjadi sejahtera,”katanya.

Wakil Gubernur Babel, Hidayat Arsani, dalam sambutannya mengatakan acara nganggung memperingati HUT Kota Pangkalpinang ke 257 sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME. Pemprov Babel, kata Hidayat Arsani, sangat mengapresiasi langkah Pemkot Pangkalpinang dibawah kepemimpinan Muhammad Irwansyah yang telah sukses menggelar acara nganggung. Wagub berharap agenda nganggung dapat terus dilestarikan dan dapat berjalan lebih meriah lagi kedepannya. (rp/gr)

Foto; Ist

TINGGALKAN KOMENTAR