Timeless Indonesia Festival (TIF), sebuah festival budaya yang melibatkan tujuh provinsi di Indonesia akan diselenggarakan di Pantai Kland, Kabupaten Badung, pada 9-15 November datang.

Menurut pemrakarsa festival Linda Siahaan, kegiataan ini bertujuan menunjukkan kepada wisatawan mancanegara yang berlibur di Bali bahwa provinsi lain di Indonesia juga memiliki kekayaan budaya dan sangat beragam.

Rencananya, pada tahap pertama, daerah yang dilibatkan adalah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Sumatra Utara akan menunjukkan kesenian dan kuliner khas. Enam bulan ke depan, pesertanya akan berganti daerah lain.

Dia mengklaim festival ini berbeda karena dikemas lebih unik dibandingkan dengan kegiatan serupa yang banyak bermunculan di Bali.

“Selama ini kemasan festival ada kelas melati dan butik. Nah kami coba lakukan kelas butik, seperti tata lampu panggungnya internasional dan panggung berkelas itu yang menurut saya berbeda,” jelasnya di Denpasar, beberapa waktu lalu.

Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali menargetkan 15.000 wisatawan nusantara dan mancanegara selama pelaksanaan Timeless Indonesia Festival (TIF) 2014 di Pantai K-land, Kabupaten Badung, pada 9-15 November 2014.

“Kami sudah berkomunikasi dengan sejumlah agen perjalanan wisata untuk bisa membawa para tamunya berkunjung ke Timeless Indonesia Festival,” kata Ketua Asita Bali, I Ketut Ardana di Pantai K-land.

Selain itu, acara TIF 2014 digelar pertama kalinya di Pulau Dewata dengan konsep yang sangat berbeda dengan festival lainnya.

Festival itu akan memamerkan sejumlah kreasi kesenian, makanan khas, dan cendera mata khas tujuh provinsi di Indonesia.

Ketua Panitia TIF, Karlinda Syaha, mengatakan TIF merupakan kegiatan yang pertama kalinya digelar di Pulau Dewata yang bertujuan sebagai pintu gerbang mempromosikan potensi pariwisata di seluruh Indonesia yang diikuti oleh tujuh provinsi yaitu Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Bali. (ant/komp/gr)

Foto: Ilustrasi (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR