Foto: Danau Telaga Warna.Ist)

Gapuranews.com – Danau selain menjadi sebagai sumber kehidupan bagi mahluk hidup, danau juga menyimpan berbagai keindahan dan ketenangan bagi para penikmatnya. Berikut ini kami rangkumkan beberapa danau yang berada di atas ketinggian yang memiliki pemandangan terindah di Indonesia.

1.Telaga Warna Dieng
Telaga yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini terletak dikawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar Telaga Warna. Keindahan Telaga Warna akan lebih terasa jika pengunjung naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi telaga warna adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna, sehingga pengunjung sulit untuk dapat menikmati keindahan alamnya.

2. Ranu Kumbolo
Terletak pada ketinggian 2400 meter di permukaan laut, Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi para pendaki yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke Gunung Semeru. Dengan debit air yang melimpah dan tak pernah surut, Ranu Kumbolo menjadi titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda. Keindahan Ranu Kumbolo memang tak perlu diragukan lagi, disana para pendaki biasanya berburu sunrise yang memang begitu mengagumkan. Matahari pagi akan muncul di tengah-tengah atara dua bukit hijau dan berpadu dengan beningnya air danau menjadi sebuah panorama yang luar biasa indah.

3. Danau Kelimutu
Danau ini berada di ketinggian 1.631 mdpl ini sebenarnya adalah danau kawah dari puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi), terletak di Pulau Flores lebih teaptnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende Provinsi NTT, Indonesia. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna cantik yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Waluapun begitu warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

4. Segara Anak
Segara Anak merupakan sebuah danau yang terletak di Kaldera Gunung Rinjani Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl dan memiliki luas 1.100 hektar dengan kedalaman mencapai 230 meter. Banyak hal menarik yang dapat dilakukan di danau tersebut salah satunya dengan memancing, karena di danau tersebut terdapat banyak ikan mulai dari ikan nila, mujair,mas. Ikan-ikan tersebut memang disengaja dikembang biakan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk menambah daya tarik tersendiri dari danau Segara Anak. Pemandangan di danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan dalam maupun luar negeri berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan langsung keindahan dari danau tersebut.

5. Danau Habema
Danau dengan nama asli Yuginopa ini terletak di kompleks pegunungan Jayawijaya atau sekitar 48 km dari arah Wamena. Dengan ketingggian 3.225 mdpl, danau ini didaulat sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia. Dari sini kita bisa melihat langsung puncak Wilhelmina/Trikora menjulang tinggi di depan mata. Di puncak Trikora itulah salju khatulistiwa berada.

6. Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, danau ini berada pada ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl otu dapat dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan tersendiri bila ingin mencoba untuk berendam. Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Danau Kaco
Masih dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) disini terdapat satu danau lagi yaitu Danau Kaco, berada pada ketinggian 1289 mdpl dan tidak begitu besar seperti kebanyakan danau di pegunungan Indonesia. Danau Kaco ini hanya memiliki luas sekitar 30X30 meter namun yang menjadikannya sangat unik adalah warnannya yang biru sangat kontras dengan warna di sekitar danau. Selain itu danau ini juga memiliki kedalam yang belum diketahui berapa pastinya. Meskipun kedalam airnya masih menjadi misteri, danau ini tetap sangat bening dan membuat anda dapat melihat ribuan ikan yang berada di dalamnya. (Rayza Nirwan/berbagai sumber/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR