Lukisan Karya Mahasiswa
PERUPA mahasiswa  menggebrak  kancah seni rupa dengan menggelar pameran di Galeri Nasional Indonesi  (GNI) dengan tema  “Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015: Nalar,  Sensasi , Seni” pada 9-23 April 2015.  Kegiatan ini wujud realisasi salah satu fungsi Galeri Nasional Indonesia dalam hal melaksanakan pameran dan layanan edukasi di bidang seni rupa.

Kegiatan yang bersifat edukatif–kultural ini sebelumnya pernah diselenggarakan dengan menyajikan karya cipta seni dari kalangan pendidikan, seperti Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia: “Dunia Seni Rupa sebagai Proses Pembelajaran” (2004), Pameran Seni Rupa Anak Indonesia: “Bangga Budaya Bangsa” (2010), Gelar Seni Rupa Anak Indonesia 2013: “Sana Sini Seni Budayaku” (2013), Pameran Karya Pengajar Seni Rupa 2013: “Melihat/Dilihat”, dan Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya 2014: “Guru Seni Berlari”. Pada 2015 ini, Galeri Nasional Indonesia kembali menyuguhkan hasil olah cipta kalangan pendidikan khususnya para mahasiswa, yaitu “Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015: Nalar, Sensasi, Seni”

Karya 2Tema Nalar, Sensasi  dan  Seni dipilih oleh tim kurator yaitu Suwarno Wisetrotomo, Citra Smara Dewi, dan Rizki A. Zaelani, serta Bayu Genia Krishbie sebagai asisten kurator, untuk memberi ruang ekspresi pada para mahasiswa yang memiliki minat dan potensi di bidang seni rupa dengan memberikan kesempatan untuk menunjukkan kualitas (gagasan, nalar, visual) yang meliputi proses kreatif, perumusan nalar, membangun seni, mengelola sensasi, dan mengartikulasikan (mengkomunikasikan) karya seninya.

Tema inilah yang diterjemahkan para calon peserta (mahasiswa) ke dalam karya seni rupa untuk didaftarkan pada Open Application sebagai tahap awal pameran ini. Open Application yang telah dimulai sejak Februari 2015 hingga 13 Maret 2015 ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa. Terbukti dengan calon peserta terdaftar mencapai jumlah 500 orang lebih dengan jumlah karya mendekati kisaran 1.000 karya, dari 67 perguruan tinggi di 13 provinsi di Indonesia dan 2 (dua) perguruan tinggi di luar negeri (Singapura dan Tiongkok).

Setelah melalui proses seleksi oleh tim Kurator Galeri Nasional Indonesia, tersaring sebanyak 105 peserta dengan 105 karya, yang berasal dari 27 perguruan tinggi di 10 provinsi di Indonesia.  Sedangkan jenis karya yang terpilih yang juga akan disuguhkan dalam pameran ini meliputi lukisan, drawing,  fotografi, seni grafis, mural, seni batik, patung, seni keramik, kriya, instalasi, dan video art.

Selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan rangkaian acara berupa Diskusi Seni Rupa “Sensasi dalam Kreatifitas” pada Jum’at 10 April 2015, pukul 13.00 WIB, di Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia, dengan menghadirkan peserta mahasiswa terpilih sebagai pembicara yaitu Muhammad Rido (Mahasiswa FSR IKJ) dan Restu Taufik Akbar (Mahasiswa FSRD ITB), serta Rizki A. Zaelani (Kurator Galeri Nasional Indonesia) sebagai moderator.

Lukisan Mahasiswa1Acara tersebut akan menampilkan proses kreatif para pembicara dalam mencipta karya, dengan menyisipkan dialog santai sehingga peserta acara ini dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman. Selain itu, rangkaian acara juga akan diisi dengan Motivasi Rupa “Membangun Mental Kreatif”, pada Jum’at, 17 April 2015, pukul 15.00 WIB, di Arena Terbuka Galeri Nasional Indonesia, dengan menghadirkan Dolorosa Sinaga (Perupa/Pematung dan Akademisi) sebagai narasumber dan Zamrud Setya Negara (Motivator) sebagai moderator. (gr)

Foto ilustrasi foto lukisan mahasiswa yang di pamerkan (GNI)

 

TINGGALKAN KOMENTAR